Minggu, 11 Maret 2012

Sistem Reproduksi Jantan & Betina (Praktikum histo III)

BAB I
 PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Tubuh manusia terdiri dari berbagai sistem organ, salah satunya adalah sistem reproduksi. Sistem reproduksi mempunyai arti penting bagi makhluk hidup untuk meneruskan spesiesnya. Sistem reproduksi yang dibahas pada praktikum kali ini adalah sistem reproduksi pada manusia yang meliputi jantan dan betina.
Praktikum kali ini menggunakan preparat yang menampilkan bagian-bagian dari sistem reproduksi jantan dan betina. Sistem reproduksi jantan terdiri atas sepasang testis, saluran testis, skrotum, sekumpulan duktus, kelenjar pelengkap yang berhubungan dengan saluran penis. Fungsi utama dari alat reproduksi jantan adalah menghasilkan sel kelamin jantan atau sel sperma yang mampu membuahi sel kelamin betina. Sistem reproduksi betina terdiri atas ovarium, tuba fallopi, uterus, serviks, vagina, serta bagian-bagian pelengkapnya yang mendukung terbentuknya generasi baru dari spesies tersebut. Fungsi utama dari alat reproduksi betina adalah menghasilkan sel telur atau sel ovum.

B. Tujuan

Adapun tujuan dari praktikum kali ini yaitu :
1.    Mempelajari struktur yang menyusun sistem reproduksi jantan dan betina


 
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Testis terdiri dari kelenjar-kelenjar yang berbentuk tubulus, dibungkus oleh selaput tebal yang disebut tunika albugenia. Pada sudut posterior organ ini terbungkus oleh selaput atau kapsula yang disebut mediastinum testis. Septula testis merupakan selaput tipis yang meluas mengelilingi mediastinum sampai ke tunika albugenia dan membagi testis menjadi 250-270 bagian berbentuk piramid yang disebut lobuli testis. Isi dari lobulus adalah tubulus seminiferus, yang merupakan tabung kecil panjang dan berkelok-kelok memenuhi seluruh kerucut lobulus. Muara tubulus seminiferus terdapat pada ujung medial dari kerucut. Pada ujung apikal dari tiap-tiap lobulus akan terjadi penyempitan lumen dan akan membentuk segmen pendek pertama dari sistem saluran kelamin yang selanjutnya akan masuk ke rete testis (Frandson, 1993).
Dinding tubulus seminiferus terdiri dari tiga lapisan dari luar ke dalam yaitu tunika propria, lamina basalis dan lapisan epitelium. Tunika propria terdiri atas beberapa lapisan fibroblas yang berfungsi sebagai alat transportasi sel spermatozoa dari tubulus seminiferus ke epididimis dengan jalan kontraksi. Lapisan epitel pada tubulus seminiferus terdiri dari dua jenis sel yaitu sel-sel penyokong yang disebut sebagai sel sertoli dan sel-sel spermatogonium. Sel-sel spermatogonium merupakan sel benih sejati, karena pada sel-sel inilah dihasilkan spermatozoa melalui pembelahan sel. Sel-sel spermatogonium tersusun dalam 4-8 lapisan yang menempati ruang antara membrana basalis dan lumen tubulus (Frandson, 1993).
Spermatogenesis terjadi di dalam di dalam testis, tepatnya pada tubulus seminiferus. Spermatogenesis mencakup pematangan sel epitel germinal dengan melalui proses pembelahan dan diferensiasi sel, yang mana bertujuan untuk membentuk sperma fungsional. Pematangan sel terjadi di tubulus seminiferus yang kemudian disimpan di epididimis. Dinding tubulus seminiferus tersusun dari jaringan ikat dan jaringan epitelium germinal (jaringan epitelium benih) yang berfungsi pada saat spermatogenesis. Pintalan-pintalan tubulus seminiferus terdapat di dalam ruang-ruang testis (lobulus testis). Satu testis umumnya mengandung sekitar 250 lobulus testis. Tubulus seminiferus terdiri dari sejumlah besar sel epitel germinal (sel epitel benih) yang disebut spermatogonia (spermatogonium = tunggal). Spermatogonia terletak di dua sampai tiga lapisan luar sel-sel epitel tubulus seminiferus. Spermatogonia terus-menerus membelah untuk memperbanyak diri, sebagian dari spermatogonia berdiferensiasi melalui tahap-tahap perkembangan tertentu untuk membentuk sperma. Pada tahap pertama spermatogenesis, spermatogonia yang bersifat diploid (2n atau mengandung 23 kromosom berpasangan), berkumpul di tepi membran epitel germinal yang disebut spermatogonia tipe A. Spermatogenia tipe A membelah secara mitosis menjadi spermatogonia tipe B. Kemudian setelah beberapa kali membelah, sel-sel ini akhirnya menjadi spermatosit primer yang masih bersifat diploid. Setelah melewati beberapa minggu, setiap spermatosit primer membelah secara meiosis membentuk dua buah spermatosit sekunder yang bersifat haploid. Spermatosit sekunder kemudian membelah lagi secara meiosis membentuk empat buah spermatid. Spermatid merupakan calon sperma yang belum memiliki ekor dan bersifat haploid (n atau mengandung 23 kromosom yang tidak berpasangan). Setiap spermatid akan berdiferensiasi menjadi spermatozoa (sperma). Proses perubahan spermatid menjadi sperma disebut spermiasi. Ketika spermatid dibentuk pertama kali, spermatid memiliki bentuk seperti sel-sel epitel. Namun, setelah spermatid mulai memanjang menjadi sperma, akan terlihat bentuk yang terdiri dari kepala dan ekor. Kepala sperma terdiri dari sel berinti tebal dengan hanya sedikit sitoplasma. Pada bagian membran permukaan di ujung kepala sperma terdapat selubung tebal yang disebut akrosom. Akrosom mengandung enzim hialuronidase dan proteinase yang berfungsi untuk menembus lapisan pelindung ovum. Pada ekor sperma terdapat badan sperma yang terletak di bagian tengah sperma. Badan sperma banyak mengandung mitokondria yang berfungsi sebagai penghasil energi untuk pergerakan sperma. Semua tahap spermatogenesis terjadi karena adanya pengaruh sel-sel sertoli yang memiliki fungsi khusus untuk menyediakan makanan dan mengatur proses spermatogenesis (Anonimous, 2008).
Ovarium merupakan bagian alat kelamin yang utama. Ovarium menghasilkan telur, oleh karena itu dalam bahasa Indonesia seringkali disebut induk telur, indung telur atau ada pula yang menyebutnya pengarang telur. Perkembangan ovarium pada masa reproduksi diatur oleh hormon-hormon yang berasal dari kelenjar hifofisa yang terdapat di dasar otak dalam kepala (Frandson, 1986).
Cervix merupakan bagian dari alat reproduksi yang berdinding tebal dengan panjang 5-10 cm dari tempat sambungan dengan uterus ke arah belakang yang berkesinambungan dengan vagina yang berdinding tipis. Berfungsi utama menutup lumen uterus sehingga tidak memberi kemungkinan untuk masuknya jazad mikroskopik maupun makroskopik ke dalam uterus (Salisbury, 1985).
Oogenesis merupakan proses pembentukan ovum di dalam ovarium. Di dalam ovarium terdapat oogonium (oogonia = jamak) atau sel indung telur. Oogonium bersifat diploid dengan 46 kromosom atau 23 pasang kromosom. Oogonium akan memperbanyak diri dengan cara mitosis membentuk oosit primer.
Oogenesis telah dimulai saat bayi perempuan masih di dalam kandungan, yaitu pada saat bayi berusia sekitar 5 bulan dalam kandungan. Pada saat bayi perempuan berumur 6 bulan, oosit primer akan membelah secara meiosis. Namun, meiosis tahap pertama pada oosit primer ini tidak dilanjutkan sampai bayi perempuan tumbuh menjadi anak perempuan yang mengalami pubertas. Oosit primer tersebut berada dalam keadaan istirahat (dorman). Pada saat bayi perempuan lahir, di dalam setiap ovariumnya mengandung sekitar 1 juta oosit primer. Ketika mencapai pubertas anak perempuan hanya memiliki sekitar 200 ribu oosit primer saja. Sedangkan oosit lainnya mengalami degenerasi selama pertumbuhannya. Saat memasuki masa pubertas, anak perempuan akan mengalami perubahan hormon yang menyebabkan oosit primer melanjutkan meiosis tahap pertamanya. Oosit yang mengalami meiosis I akan menghasilkan dua sel yang tidak sama ukurannya. Sel oosit pertama merupakan oosit yang berukuran normal (besar) yang disebut oosit sekunder, sedangkan sel yang berukuran lebih kecil disebut badan polar pertama (polosit primer).
Selanjutnya, oosit sekunder meneruskan tahap meiosis II (meiosis kedua). Namun pada meiosis II, oosit sekunder tidak langsung diselesaikan sampai tahap akhir, melainkan berhenti sampai terjadi ovulasi. Jika tidak terjadi fertilisasi, oosit sekunder akan mengalami degenerasi. Namun jika ada sperma masuk ke oviduk, meiosis II pada oosit sekunder akan dilanjutkan kembali. Akhirnya, meiosis II pada oosit sekunder akan menghasilkan satu sel besar yang disebut ootid dan satu sel kecil yang disebut badan polar kedua (polosit sekunder). Badan polar pertama juga membelah menjadi dua badan polar kedua. Akhirnya, ada tiga badan polar dan satu ootid yang akan tumbuh menjadi ovum dari oogenesis setiap satu oogonium. Oosit dalam oogonium berada di dalam suatu folikel telur. Folikel telur (folikel) merupakan sel pembungkus penuh cairan yang menglilingi ovum. Folikel berfungsi untuk menyediakan sumber makanan bagi oosit. Folikel juga mengalami perubahan seiring dengan perubahan oosit primer menjadi oosit sekunder hingga terjadi ovulasi. Folikel primer muncul pertama kali untuk menyelubungi oosit primer. Selama tahap meiosis I pada oosit primer, folikel primer berkembang menjadi folikel sekunder. Pada saat terbentuk oosit sekunder, folikel sekunder berkembang menjadi folikel tersier. Pada masa ovulasi, folikel tersier berkembang menjadi folikel de Graaf (folikel matang). Setelah oosit sekunder lepas dari folikel, folikel akan berubah menjadi korpus luteum. Jika tidak terjaid fertilisasi, korpus luteum akan mengkerut menjadi korpus albikan (Anonimous, 2008).



BAB III
METODOLOGI

A.   Waktu dan Tempat

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan praktikum ini yaitu :
Hari/Tanggal        :      Kamis/08 Maret 2012
Pukul                   :      13.00 WITA s/d selesai
Tempat                 :      Lab. Biodiversity Jurusan Biologi FMIPA UNTAD

B.   Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum kali ini yaitu :
a.    Alat
1.        Mikroskop
2.        Buku gambar
3.        Alat tulis

b.    Bahan
1.        Jaringan ovarium
2.        Jaringan penis
3.        Jaringan testis
4.        Jaringan vagina

C.   Prosedur Kerja

Adapun prosedur kerja dalam praktikum kali ini yaitu :
1.    Menyediakan preparat yang akan diamati
2.    Mengamati preparat di bawah mikroskop
3.    Mengenali setiap bagian preparat
4.    Menggambar hasil pengamatan pada buku gambar



BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil Pengamatan
No.
Gambar
Keterangan
1.
Ovarium
1.    Folikel muda
2.    Folikel tumbuh
3.    Folikel matang
4.    Corpus luteum
5.    Oosit primer




Perbesaran : 40 × 10
2.
Penis
1.     Pembuluh darah
2.     Jaringan erektil






Perbesaran : 40 × 10
3.
Testis
1.    Tubulus seminiferus
2.    Sel leydig
3.    Spermatosit primer
4.    Spermatosit sekunder
5.    Spermatid
6.    Sel sperma



















Perbesaran : 40 × 10
4.
Vagina
1.     Cerviks
2.     Jaringan erektil
3.     Labium minor
4.     Labium mayor




Perbesaran : 40 × 10

B. Pembahasan

       Pada praktikum kali ini yaitu pengamatan terhadap sistem reproduksi jantan dan betina untuk mengetahui struktur yang menyusun sistem tersebut. Pengamatan struktur histologis pada sistem reproduksi betina dengan menggunakan jaringan ovarium dan vagina. Sedangkan pengamatan struktur histologis pada sistem reproduksi jantan dengan menggunakan jaringan penis dan jaringan testis.

       Hasil pengamatan struktur histologis jaringan ovarium terdapat folikel muda, folikel tumbuh, folikel dewasa, corpus luteum dan oosit primer. Pada folikel muda nampak oosit primer yang dikelilingi oleh sel-sel pipih. Folikel tumbuh dimana sel-sel pipih berubah menyerupai kubus lalu berjajar. Pada folikel matang nampak oosit sekunder dengan rongga yang besar dan siap untuk dibuahi. Hal tersebut telah sesuai dengan literatur yang menyatakan bahwa, pada wanita setelah tiba di gonad, sel benih primordial segera berdiferensiasi menjadi oogonium. Oogonium kemudian mengalami beberapa kali mitosis dan pada akhir perkembangan embrional bulan ketiga setiap oogonium dikelilingi oleh selapis sel epitel yang berasal dari permukaan jaringan gonad yang nantinya menjadi sel folikuler. Sebagian besar oogonium terus mengalami mitosis, sebagian lain berdiferensiasi dan tumbuh membesar menjadi oosit primer. Tetapi oosit primer yang telah memasuki tahap profase miosis pertama tetap bertahan pada stadiumnya dengan dilapisi sel folikuler epitel gepeng (selanjutnya oosit primer dengan sel folikuler ini disebut sebagai folikel primordial atau folikel primer). Pematangan diawali dengan pertambahan ukuran oosit primer menjadi membesar dan sel-sel epitel selapis gepeng berubah menjadi kuboid dan berlapis-lapis disebut folikel tumbuh. Awalnya oosit primer berhubungan erat dengan sel folikuler kuboid yang melapisinya, namun selanjutnya terbentuk suatu lapisan mukopolisakarida yang membatasi diantaranya yang disebut zona pellucida. Kemudian terbentuk juga suatu rongga dalam lapisan folikuler (antrum folikuli) yang makin lama makin besar. Tetapi sel-sel folikuler yang berbatasan dengan zona pellucida oosit primer tetap utuh dan menjadi cumulus oophorus. Stadium perkembangan ini disebut stadium folikel sekunder. Kemudian antrum folikuli semakin membesar, sementara bagian tepi luar lapisan folikuler mulai dilapisi oleh dua lapisan jaringan ikat yaitu teka interna (lapisan seluler, sebelah dalam, yang kemudian menghasilkan hormon estrogen) dan teka eksterna (lapisan fibrosa, sebelah luar). Pada stadium ini folikel disebut sebagai berada dalam stadium sudah matang, disebut sebagai folikel tersier atau folikel de Graaf atau folikel matang. Setelah oosit sekunder lepas dari folikel, folikel akan berubah menjadi korpus luteum (Anonimous, 2010).

       Vagina merupakan saluran akhir dari saluran reproduksi bagian dalam pada wanita yang bermuara pada vulva. Hasil pengamatan struktur jaringan vagina yaitu terdapat cervix, jaringan erektil dan vulva. Merujuk pada literatur yang meyatakan bahwa cervix merupakan bagian dasar dari uterus yang bentuknya menyempit sehingga disebut juga sebagai leher rahim. Menghubungkan uterus dengan saluran vagina dan sebagai jalan keluarnya janin dari uterus menuju saluran vagina. Vulva merupakan suatu celah yang terdapat di bagian luar dan terbagi menjadi dua bagian yaitu labium mayor merupakan sepasang bibir besar yang terletak dibagian luar dan membatasi vulva. Labium minor merupakan sepasang bibir kecil yang terletak dibagian dalam dan membatasi vulva (Anonimous, 2008). Jaringan erektil merupakan satu jenis jaringan khusus yang akan bengkak dan membesar karena adanya aliran darah ke dalamnya dan terjebak di dalamnya sehingga tidak dapat keluar. Jaringan erektil memiliki pembuluh arteri yang dapat membawa darah, ruang besar untuk diisi darah yang terjebak, serta pembuluh vena yang tersumbat untuk menjebak darah di dalam di dalam ruang. Pada manusia, jaringan erektil terdapat pada penis, klitoris, dan hidung (Anonimous, 2010).

      Penis merupakan alat kelamin luar pada jantan yang penting untuk kopulasi atau persetubuhan. Berdasarkan hasil pengamatan, pada jaringan penis terdapat jaringan erektil yang kaya akan pembuluh darah. Hal tersebut telah sesuai dengan literatur yang meyatakan bahwa, di dalam penis tedapat uretra, yaitu suatu saluran yang dikelilingi oleh jaringan erektil yang rongganya banyak dan banyak mengandung pembuluh darah. Apabila karena sesuatu hal, rongga ini berisi penuh oleh darah maka penis akan tegang dan mengembang disebut ereksi (Anonimous, 2008).

           Menurut Anonimous (2009), testis disebut juga gonad jantan. Alat ini jumlahnya sepasang, bentuknya bulat telur yang tersimpan di dalam suatu kantong yang disebut skrotum. Fungsi testis adalah sebagai alat untuk memproduksi sel-sel sperma dan juga memproduksi hormon kelamin jantan yang disebut testosteron. Di dalam testis banyak terdapat pembuluh-pembuluh halus disebut tubulus seminiferus. Pada tubulus seminiferus terdapat sel leydig dan sel sertoli. Hal tersebut telah sesuai dengan hasil pengamatan yang diperoleh, yaitu terdapat tubulus seminiferus, sel leydig serta sel sperma.

     Sel benih pria maupun wanita merupakan turunan langsung sel-sel benih primordial (primordial germ cells) yang terbentuk pada masa embrional. Pada pria, sel benih primordial tetap berada pada stadium embrionalnya di dalam jaringan testis dikelilingi dengan sel-sel penunjang sampai saat sesudah lahir dan menjelang pubertas. Diferensiasi lanjutan dari sel benih primordial dan penunjangnya baru mulai pada masa pubertas. Pada masa pubertas sel penunjang berkembang menjadi sel-sel sustentakuler sertoli untuk nutrisi gamet. Sel benih primordial berkembang menjadi spermatogonium kemudian menjadi spermatosit primer. Spermatosit primer ini kemudian mengadakan mitosis untuk memperbanyak diri terus menerus. Kemudian hasil akhir pembelahan tersebut menjalani proses meiosis pertama menjadi spermatosit sekunder. Setelah itu spermatosit sekunder menjalani proses meiosis kedua menjadi spermatid. Perkembangan selanjutnya dari spermatid menjadi sel sperma dewasa disebut sebagai spermiogenesis. Hasil akhir proses ini adalah sel-sel sperma dewasa yaitu spermatozoa (Anonimous, 2010).

 

BAB V PENUTUP

A.  Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari praktikum kali ini yaitu :
  1. Sistem reproduksi jantan terdiri atas sepasang testis, saluran testis, skrotum, sekumpulan duktus, kelenjar pelengkap yang berhubungan dengan saluran penis.
  2. Sistem reproduksi betina terdiri atas ovarium, tuba fallopi, uterus, serviks, vagina, serta bagian-bagian pelengkapnya.
  3. Struktur histologis pada jaringan ovarium terdapat folikel muda, folikel tumbuh, folikel dewasa, corpus luteum dan oosit primer.
  4. Struktur histologis jaringan vagina yaitu terdapat cerviks, jaringan erektil dan vulva yang terdiri dari labium mayor dan labium minor.
  5. Struktur histologis jaringan penis yaitu terdapat jaringan erektil yang rongganya banyak dan banyak mengandung pembuluh darah.
  6. Struktur histologis jaringan testis yaitu terdapat tubulus seminiferus, sel leydig serta sel sperma.

B.  Saran

Disarankan dalam praktikum selanjutnya jumlah preparat yang disediakan lebih banyak, sehingga setiap kelompok dapat mengamati secara langsung, tidak perlu dilakukan penukaran data dan hasil yang diperoleh lebih maksimal.

1 komentar:

@esayang_ mengatakan...

daftar pustaka nya gak ada kah kak ?

Posting Komentar